Wednesday, October 4, 2017

Bulan ini, Raja Ampat Kembali Menggelar Festival

DOKUMEN FESTIVAL RAJA AMPAT 2015 (FOTO:PR)

Anda punya rencana ke Raja Ampat? Datanglah di bulan ini, karena pada bulan ini, tepatnya tanggal 18-21 Oktober 2017, Raja Ampat kembali menggelar Festival Raja Ampat.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, festival ini menjadi ajang promosi budaya dan alam Raja Ampat. Karena itu pada event ini beragam tarian dan adat istiadat yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat Raja Ampat akan dipentaskan. Jadi Anda pasti tak rugi untuk hadir dan menyaksikan event ini.

Festival ini juga akan menyajikan sejumlah paket-paket tour keliling yang dikemas oleh Panitia Pelaksana. Pada paket tour ini, peserta yang hadir akan menyaksikan langsung pesona alam dan pesona budaya masyarakat Raja Ampat.

Festival Raja Ampat ini akan digelar di Pantai Waisai Torang Cinta atau Pantai WTC, begitu masyarakat Raja Ampat menyebutnya. Pantai WTC merupakan pantai yang berada di Waisai-Ibukota Kabupaten Raja Ampat. Beberapa event besar sering dilaksanakan di pantai ini. Sail Raja Ampat 2014, yang dihadiri Presideng SBY digelar dipantai ini.

Raja Ampat memang menjadi salah satu ikon pariwisata Indonesia saat ini. Pesona alamnya yang luar biasa mengundang minat wisatawan lokal dan manca negera terus mendatangi kawasan yang terletak di jatung segitiga karang dunia tersebut. Festival yang digelar ini merupakan media promosi dan informasi lebih jauh tentang potensi wisata, sumber daya alam dan budaya masyarakat yang mendiami wilayah pesisir di kawasan yang kurang lebih memiliki 1874 pulau besar dan kecil tersebut.
Dokumen Festival Raja Ampat 2015 (foto:PR)


Agenda tahunan seperti ini tidak hanya mendorong perkembangan pariwisata Raja Ampat tetapi lebih dari itu kegiatan Festival seperti ini berdampak langsung pada peningkatan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat Papua Barat.  Karena itulah Festival ini tidak saja didanai oleh Kementerian Pariwisata RI tetapi juga didukung oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat.

Kabupaten Raja Ampat merupakan salah satu kabupaten yang memiliki potensi yang luar biasa di bidang perikanan , kelautan dan pariwisata . Pesona-pesona alamnya yang luar biasa serta keragaman budayanya telah menarik perhatian dan minat kalangan untuk datang ke Raja Ampat sehingga ini menjadikan aset kita bersama untuk meningkatkan perekonomian daerah .
Festival ini merupakan salah satu wadah untuk melestarikan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal masyarakat setempat untuk menjaga dan melestarikan sumber daya alam sebagai bagian integral dari perjalanan kehidupan manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan.

Hal lain dari festival ini adalah untuk memperkokoh kembali kejayaan bangsa sebagai negara maritim terbesar didunia serta mewujudkan agenda Presiden Jokowidodo untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Adapun kegiatan-kegiatan pada festival Raja Ampat ini adalah renang, mancing, menyeleman tradisional, lomba dayung, kayaking, volley pantai, lomba ketiting/perahu tradisional. Sementara pementasan seni budaya masyarakat setempat seperti yosin pancar, suling tambur dan wayase. Festival ini yang juga dihadiri oleh para yachter dari luar negeri ini. #petrusrabu


No comments:

Post a Comment