Monday, September 18, 2017

KEJUJURAN ITU JALAN MENUJU KESUKSESAN


ilutrasi

Kejujuran adalah modal utama dalam kehidupan ini. Kejujuran menjadi modal utama menuju kesuksesan. Orang yang jujur adalah orang yang sedang berjalan mendekati titik kesuksesan dalam hidupanya. Sebaliknya orang yang tidak jujur adalah orang yang sedang mengali kubur kegagalan dalam hidupnya. Karena itu berjalan dalam jalur kejujuran karena kesuksesan sedang menanti anda disana.

Cerita dan kisah pemiskinan para koruptor adalah contoh yang selalu ada di depan mata kita. Cerita yang  selalu menjadi guru yang baik yang mengisahkan kepada kita bahwa hidup tak jujur tidak saja membawa kerugian orang lain tetapi juga membawa malapetaka bagi diri kita sendiri.

Hukuman ketidakjujuran tidak saja pada norma-norma hukum positif yang ada. Namun pengadilan paling berat adalah pengadilan nurani. Bagi manusia, hidup tak jujur sendiri merupakan sesuatu yang bertolak belakang dengan ciri khas manusia sebagai makluk yang berakal. Karena batin atau nurani dalam diri manusia yang memiliki kemampuan membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik. Mana yang benar dan mana yang tak benar. Ketika sesuatu itu bertentangan dengan nurani maka muncullah pergolakan dalam diri kita. Pergolakan itu membawa dampak psikologis. Adanya ketidakseimbangan diri. Bahkan reaksinya hingga kepada kehidupan sosial.

Disisi lain semua agama mengajarkan kita untuk jujur. Jujur dengan diri sendiri. Jujur terhadap sesama. Jujur dalam kerja. Jujur dalam relasi. Singkatnya agama mengajar kita baha hanya dengan jujurlah kita bisa hidup. Jika kita tidak jujur maka ada pengadilan akhir yang mungkin jauh lebih berat dari hukuman yang ada didunia ini.

Untuk itu mulai sekarang berbenah. Bergegaslah untuk memperbaiki diri dan mulailah berlaku jujur dalam melakukan apapun. Hidup jujur itu membuat semuanya menjadi muda. Hidup benar-benar terasa indah.  Orang jujur selalu dicintai dan jalan kesuksesan sangat terbuka baginya. 

#petrusrabu
#Tulisan ini pernah dipublikasikan di vebma.com

No comments:

Post a Comment