Tuesday, September 19, 2017

ANDA MAU KE RAJA AMPAT? INILAH RUTENYA

Kabupaten Raja Ampat-Provinsi Papua Barat merupakan salah satu tujuan wisata favorite saat ini. Kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara terus meningkat di Kawasan Yang terkenal sebagai pesona dan keindahan taman laut tersebut. Kendatipun kunjungan wisatawan terus meningkat, namun tak sedikit orang yang masih mempertanyakan jalur atau rute bagaimana ke Raja Ampat.
Gubusan Kepulauan Wayag Raja Ampat

Untuk sementara ada dua pintu utama memasuki Raja Ampat. Pertama adalah Kota Sorong. Dengan berkembangnya pembangunan bandara di Kota Sorong sebagai pintu masuk tanah Papua maka semua penerbangan berskala besar masuk melalui Sorong. Oleh karena itu, wisatwan yang hendak melakukan perjalanan wisata ke Raja Ampat maka harus mengambil rute penerbangan dari dan ke Sorong. Apalagi saat ini hampir semua penerbangan masuk di Bandara Domine Edward Osok-Kota Sorong.

Setelah tiba di Kota Sorong, wisatawan melanjutkan perjalanan ke Raja Ampat. Perjalanan ke Raja Ampat dari Kota Sorong melalui dua jalur. Jalur laut dan jalur udara. Untuk Jalur laut ada beberapa pilihan transportasi yang bisa digunakan. Bisa menyewa speedboat dengan waktu tempuh antara 1-2 jam, bisa juga menggunakan kapal penumpang yang secara reguler melaytani rute Sorong-Raja Ampat. 
Pesona Alam Bawah Laut Raja Ampat


Tentunya pilihan transportasi laut ini tergantung kemampuan keuangan. Rata-rata speedboat dari Kota Sorong ke Waisai adalah antara Rp. 3-5 juta tergantung kapasitas mesin dan daya muat speedboat yang kita gunakan. Sedangkan kapal penumpang antara Rp. 100.000-130.000/penumpang dengan waktu tempat 2,5-3 jam.

Selain melalui jalur laut, dari Sorong kita juga bisa menggunakan jalur udara. Ada dua penerbangan yang melayani rute Bandara Sorong ke Raja Ampat antara lain Wings Air dan Susi Air.


Kepulauan Wayag-Raja Ampat

Selain melalui Sorong, Pintu Masuk Raja Ampat juga bisa melalui Bandara Samratulangi Manado. Saat ini Wings Air melayani rute Manado-Raja Ampat PP setiap hari.  Jadi Saat ini mudahkan untuk mengunjungi Raja Ampat. Tinggal Anda pilih mau jalu mana? Manado atau Sorong. Tinggal Anda yang menentukan.#PetrusRabu

No comments:

Post a Comment