Sunday, July 29, 2018

Api Obor Asian Games 2018 Disambut Meriah di Raja Ampat

Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati,SE didampingi Gubernur berlari membawakan obor Asian Games 2018 mengelilingi Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat, Kamis 26 Juli 2018/Foto: M.Yusup

Api Obor Asian Games 2018 akhirnya tiba di Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Kamis, 26 Juli 2018 lalu.  Kedatangan Obor Api Asian Games 2018 ini mendapat sambutan yang antusias dan meriah  dari warga Kabupaten Raja Ampat.

Sejak pukul 14.00 Wit warga Raja Ampat dari berbagai kalangan telah memenuhi jalan-jalan utama di Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Warga ingin melihat dan menyaksikan dari dekat Obor Asian Games 2018.

Ratusan siswa Raja Ampat mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas membuat pagar betis pada rute Obor Asian Games 2018 mengelilingi Kota Waisai Raja Ampat. Bahkan dibeberapa titik tertentu terdapat barisan warga yang mengenakan seragam adat dari berbagai wilayah di nusantara untuk menyambut Obor Asian Games 2018.

Sekitar pukul 16.47 Wit Obor Asian Games tiba di Pelabuhan Waisai-Kabupaten Raja Ampat dengan menggunakan KRI Angkatan laut yang  sebelum singgah di Obyek Wisata Piaynemo Raja Ampat. Obor Asia Games 2018 dibawah oleh Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan didampingi Kapolda Papua Barat,  Brigjen Pol. Rudolf Alberth Rodja, Dandim 1704 Sorong,  Letkol Inf. Andar Dadiyanto Panggabean, S.IP serta atlet nasional yang menyertai Kirab Obor Asian Games 2018 di Wilayah Nusantara.

Kedatangan peserta Kirab Obor Asian Games 2018 disambut oleh Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE diiringi tarian adat oleh warga Raja Ampat. Beberapa saat kemudian, Obor Asian Games diarak keliling Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat oleh para atlet daerah dan nasional. Sebelum ditempatkan di Kantor Bupati Raja Ampat, Obor Asian Games 2018 ini sempat singgah di Pantai Pantai Waisai Torang Cinta sebagai salah obyek wisata di ibukota Kabupaten Raja Ampat.

Setibanya peserta Kirab Obor Asian Games 2018 di Raja Ampat mendapat sambutan yang sangat positif dari Pemerintah Daerah. Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati mengakui Kirab Obor Asian Games 2018 yang singgah di Raja Ampat memiliki makna historis dan bersejarah bagi Raja Ampat khususnya dan Papua Barat umumnya.

“Hari ini kita menyaksikan peristiwa sejarah yakni pawai Obor Asian Games yang melintas dibeberapa wilayah Indonesia, termasuk Raja Ampat. Hal ini adalah sebuah kebangaan bagi masyarakat Raja Ampat dan merupakan kado terindah bagi kita semua. Untuk itu saya memberikan apresiasi dan menyampaikan selamat datang rombongan Kirab Obor Asian Games 2018 di Raja Ampat.

“Penyelangraan Asian Games itu suatu yang langkah karena di lakukan 4 tahun sekali dan diikuti 45 Negara yang ada di Asia. Berarti kurang lebih 190 tahun lagi obor ini boleh jadi ada di Raja Ampat,” tambah Abdul Faris Umlati.

Ia meminta masyarakat untuk mendukung dan mensukseskan kegiatan Torch Relay Asian Games 2018 khususnya selama Obor Asian games berada di Raja Ampat.  

“Mari kita jaga api Obor Asian Games ini. Semoga Kirab Obor Asian Games 2018 ini membawa berkat bagi Raja Ampat. Semoga api obor ini membakar semangat kerja sama dan kekompakan membangun Raja Ampat,” harap Abdul Faris Umlati.

Hal senada disampaikan Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan. Ia memberikan penghargaan kepada Pemerintah Pusat, khususnya Panitia Asian Games 2018 yang telah memilih Tanah Papua Barat sebagai tempat persinggahan Kirab Obor Asian Games 2018.

Mandacan, sapaan akrab Dominggus Mandacan berharap kiranya kehadiran Obor Asian Games di Papua Barat membakar semangat dan motivasi anak-anak Papua Barat untuk terus berprestasi diberbagai bidang khususnya bidang olahraga.

“Tadi saya bersama pak Kapolda, Pak Danrem lari bawahkan obor. Maksudanya apa? Untuk memberi motivasi kepada masyarakat dan anak-anak kita untuk berprestasi dibidang olahraga. Obor itu menyala. Membakar semangat kita utk prestasi,” ujar Mandacan dihadapan ribuan masyarakat Waisai, Kabupaten Raja Ampat.

Mandacan juga mengajak masyarakat Papua Barat untuk berdoa bagi atlet-atlet tanah air yang ikut berlaga pada Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang. By. Petrus Rabu



No comments:

Post a Comment